Sunday, October 29, 2023

Mengenal Blockchain sebagai Teknologi Dibalik Mata Uang Digital

Riana menceritakan pengalamannya bagaimana pemahaman mengenai Sustainable Development dan Blockchain yang sangat berdampak bagi praktik bisnis perusahaan saat ini, serta kiat dan juga upaya yang perlu diusahakan oleh seorang calon lulusan akuntansi sebelum mengambil peran di industri. Craig Wright sendiri adalah seorang pengusaha asal Australia yang mengklaim bahwa dirinya adalah pendiri Bitcoin, dengan identitas nama samaran Satoshi Nakamoto. Di sisi lain, ahli waris Kleiman berpendapat bahwa David Kleiman, yang telah meninggal pada 2013 lalu itu, juga merupakan sosok yang menciptakan Bitcoin. Kendati demikian, pengacara Wright berpendapat bahwa kliennya adalah satu-satunya pencipta Bitcoin, dan tidak pernah menjalin kemitraan dengan David Kleiman. Deane berpendapat bahwa aksi penurunan harga ini mungkin akan terus berlanjut dalam waktu dekat. Jason Deane selaku analis di Quantum Economics. Melihat tren penurunan yang terjadi pada pasar cryptocurrency, sejumlah analis mulai mencoba melakukan analisa lebih yang mendalam. Prediksi serupa juga disampaikan oleh analis pasar Oanda, Edward Moya. Menurut Moya, menurunnya tren pasar saham (bearish) bisa membawa Bitcoin ke harga 28.500 dolar AS (Rp 414 juta). Bearish sendiri diartikan sebagai tren pasar saham yang bergerak turun atau melemah terus--menerus dalam periode tertentu. Namun ia percaya jika inflasi AS melambat, kondisi pasar perlahan akan pulih. Ia juga meramalkan bahwa harga Bitcoin akan mulai stabil ketika pasar saham kembali pulih. Anjloknya harga mata uang kripto hari ini juga akhirnya mengakibatkan kapitalisasi pasar cryptocurrency global menguap. Meskipun demikian, mata uang digital ini masih menjadi memiliki peminat yang cukup tinggi di dunia crypto. Binance, sebagai salah satu bursa crypto terbesar di dunia, memiliki tim khusus yang memantau dan melaporkan perilaku mencurigakan kepada penegak hukum. Salah satu kekhawatirannya adalah volatilitas dari pasar mata uang digital ini.

Koin yang tersimpan dalam dompet dinilai menggunakan harga pasar pada saat pergerakan terakhir. Dalam konferensi tersebut, Musk menyatakan dukungannya terhadap Bitcoin, terlepas dari potensi harga yang fluktuatif dan risiko lingkungan yang menyertainya. Selain berdampak pada Bitcoin, potensi kebangkrutan yang dialami Evergrande juga berimbas pada harga Ethereum, serta token populer DeFi seperti Cardano, Dogecoin, dan Polkadot. Harga mata uang kripto populer seperti Solana, Cardano, Polkadot terjun hingga menjadi di kisaran 17,8 persen (SOL), 12 persen (ADA), dan 11,6 persen (DOT). Keuntungan terbesar dari BitMart adalah jumlah mata uang kripto yang ditawarkannya. Raksasa properti China ini tengah terlilit utang dalam dalam jumlah yang fantastis, mencapai lebih dari 310 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 4.408 triliun. Tak hanya Bitcoin, harga uang kripto lain juga turun seperti Ethereum yang turun 20 persen dalam seminggu terakhir. Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua setelah Bitcoin, terjerembap hampir 11 persen ke kisaran 4.000 dollar AS (Rp 57,5 juta) per keping. Sementara itu, Ethereum terjerembap hampir 10 persen ke kisaran 2.270 dolar AS (sekitar Rp 32 juta). Harga Bitcoin, Ethereum, serta beberapa token populer DeFi (decentralized finance) anjlok hingga 16 persen. Akan tetapi, sebagai bagian dari desain Bitcoin, setiap 210.000 blok yang ditambang, hadiah blok mengalami halving/pemangkasan setengah. Pada 16 Maret 2009, sehubungan dengan bulan April 2009 G20 summit, Kremlin mengajukan mata uang cadangan supranasional sebagai bagian dari reformasi sistem keuangan global. Saat ini, ia berada di sekitar 40% lebih rendah dari harga pembukaan saham selama IPO-nya.Penurunan baru-baru ini di sektor mata uang digital juga memengaruhi harga saham Coinbase dan banyak saham mata uang digital lainnya. Hal lain yang juga diatur oleh Bappebti adalah Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto melalui Keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-PTPAK/07/2023 tertanggal 20 Juli 2023 Tentang Persetujuan Sebagai Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto kepada PT Tennet Depository Indonesia. Oleh karena itulah, maka silahkan lengkapi data-data yang diminta dengan tepat pada kolom-kolom tersedia seperti nama, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, alamat email yang valid dll sebagai proses pengenalan anda sebagai pelanggan baru pada broker tersebut (Know Your Customer).

Anda juga dapat membeli EFT (dana yang diperdagangkan di bursa) dengan kripto Anda. Kunci publik di sini dapat dibandingkan dengan nomor akun, dan kunci pribadi dapat dibandingkan dengan PIN akun yang kita miliki. Musk yang selama ini dikenal sebagai salah satu penggiat energi ramah lingkungan itu prihatin dengan penggunaan bahan bakar fosil yang digunakan untuk transaksi dan penambangan Bitcoin melonjak pesat. Tesla - sebuah perusahaan yang seluruh mereknya berakar pada energi berkelanjutan - menjatuhkan tawaran Bitcoinnya sekitar tiga bulan kemudian. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CoinDesk, Senin (24/1/2022), setidaknya ada tiga faktor yang diduga dapat melemahkan harga mata uang kripto. Di sini, selain bitcoin, kalian juga dapat memperdagangan jenis mata uang digital lainnya. Jika ada yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto si pencipta Bitcoin, tentu pembuktiannya adalah dengan membuka dompet tersebut. Devisa dari pekerja yang ada di Amerika Serikat kepada keluarga mereka juga membantu ekonomi El Salvador. Pesan yang ditinggalkan Satoshi merupakan jejak penting karena ia mencerminkan motivasi dibuatnya Bitcoin: menciptakan sistem ekonomi alternatif yang tidak memerlukan kepercayaan terhadap institusi tersentralisasi seperti bank dan pemerintah. Perkara ini bermula saat keluarga mendiang ilmuwan komputer, David Kleiman, mengaku bahwa dia dan seorang temannya bernama Craight Wright, telah menciptakan cryptocurrency Bitcoin dengan nama Satoshi Nakamoto. Mackay mengklaim bahwa banyak investor hancur oleh jatuhnya harga, Bursa Mata Uang Kripto dan perdagangan Belanda mengalami guncangan hebat. Perang antara Rusia dan Ukraina juga turut berperan dalam perdagangan kripto yang fluktuatif karena investor tertekan oleh inflasi yang terus naik. Masing-masing harga kripto ini sangat fluktuatif dan bisa berubah sewaktu-waktu. Berikutnya, sebagai mata uang virtual, bitcoin disimpat dalam bentuk file digital atau dikenal dengan sebutan wallet file yang sangat berisiko terhadap aksi peretasan oleh hacker. Kala itu, salah satu penyebab lonjakan harga Bitcoin ialah karena para investor tengah menanti listing sebuah platform perdagangan mata uang kripto asal AS, Coinbase, di bursa saham.

Anjloknya harga Bitcoin dkk kemungkinan besar dipicu oleh kabar potensi kebangkrutan yang dialami oleh perusahaan properti raksasa asal China Evergrande Group. Menggunakan Forex sebagai medianya, Bitcoin memiliki potensi penghasilan yang besar dengan setiap pertukaran. Setiap tindakan yang diambil oleh pembaca sepenuhnya merupakan risiko mereka sendiri. Atas klaim tersebut, keluarga Kleiman menganggap bahwa mereka berhak memiliki sebagian aset Bitcoin atas nama Satoshi Nakamoto. Para eksekutif percaya bahwa lonjakan permintaan layanan kripto di DBS Digital Exchange adalah konsekuensi dari runtuhnya bursa kripto pada tahun 2022. Lim mencatat bahwa DBS terus melihat tren peningkatan volume. Dengan metode ini, seorang trader harus terus menerus memperhatikan layar monitor komputer/Hp/tablet untuk mengamati perkembangan harga bitcoin. Tetapi banyak penawaran industri Bitcoin menekankan kemampuan kriptourrency untuk membatasi, atau bahkan menghapus, kebutuhan akan biaya transaksi yang dibebankan oleh bank dan pihak ketiga tepercaya lainnya. BTC atau lebih besar, biasanya bisa dikirim, divalidasi, dan selesai tanpa biaya terpasang. Ini bisa lebih nyaman bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis, tetapi biasanya jauh lebih mahal daripada merakit sendiri. Pedagang harian harus secara teratur mengawasi posisi terbuka mereka atau pasar karena tidak menanggapi peristiwa berita penting secara realtime dapat sangat mempengaruhi keuntungan dan kerugian mereka. NFT memungkinkan aset untuk diperdagangkan di pasar pihak ketiga tanpa izin dari pengembang game. Dengan menggalakan pengguna untuk memasukkan maklumat peribadi dan mendorong untuk memindahkan wang, mereka juga boleh mencuri aset pengguna. Meskipun saat ini Bitcoin masih belum menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia, diyakini bahwa pemerintah akan segera menjadikan kripto sebagai aset digital. Tak berselang lama, tepatnya pada akhir Maret, Tesla mengumumkan bahwa perusahaan mulai menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran sah untuk membeli mobil Tesla. China telah mendorong keras untuk mengganti dolar dengan yuan. Kemudian, sentimen teranyar datang dari rencana beberapa negara yang telah mempertimbangkan alternatif penggunaan mata uang dollar AS. Menurut keluarga Kleiman, pihaknya pernah membantu Wright menulis white paper Bitcoin dan meluncurkan mata uang kripto itu bersamanya pada Oktober 2008 lalu.

Sebab, hingga kini, Wright belum pernah menunjukkan bukti nyata, apakah ia benar-benar memiliki akses ke dompet Bitcoin atas nama Satoshi Nakamoto itu atau tidak. Sebab, jumlah stablecoin yang beredar di blockchain sama dengan jumlah uang resmi (mata uang terbitan negara) yang dimiliki oleh perusahaan. Stablecoin dibuat agar harga mata uang kripto bisa stabil. Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual saham atau aset digital tertentu. Stablecoin adalah mata uang kripto yang dibuat agar memiliki nilai yang sama dengan aset tertentu, seperti mata uang yang diterbitkan negara (misalnya dolar AS/rupiah) atau komoditas lain seperti emas. Penyebab anjloknya harga Bitcoin dan mata uang kripto lain adalah karena indeks saham di seluruh dunia yang lesu dalam beberapa hari terakhir, termasuk indeks saham utama Eropa, Asia dan AS. Dalam sepekan terakhir, harga Bitcoin tercatat turun 21,74 persen dan merosot hingga 27 persen selama bulan ini. Nilai yang dimiliki Bitcoin saat ini tercatat mencapai titik terendah sejak 24 Juli 2021 lalu. Dibandingkan titik harga tertingginya di kisaran 69.000 dollar AS (sekitar Rp 992 juta) yang dicapai pada November 2021, nilai Bitcoin hingga pekan ini sudah terpangkas 20 persen. Meski pada awal Oktober ini pergerakkan harga Bitcoin mulai membaik, namun, nilai ini masih belum bisa menyamai rekor harga tertinggi yang sempat dicapai oleh Bitcoin pada April lalu. Namun, misteri tentang nama "Satoshi Nakamoto" itu kemungkinan akan segera terkuak. Kalau semisal dikejar untuk digunakan mengubah source bitcoin pun, tidak akan dapat semudah itu, karena mengubah bitcoin di github itu membutuhkan suara dari komunitas dan developer.

Akan tetapi, klaim tersebut masih dianggap meragukan dan menimbulkan kontroversi di kalangan komunitas cryptocurrency. Yuya Hasegawa meramalkan bahwa harga Bitcoin sebagai uang kripto terpopuler masih bisa turun karena kinerja stablecoin Terra USD (UST) yang memburuk. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan bahwa larangan tersebut mencakup aksi seperti menggunakan, memasarkan, serta memfasilitasi kegiatan jual beli aset kripto. Aset kripto di Exchange bisa ditransfer ke exchange lain atau bisa ke sesama anggota di satu exchange. Beberapa perubahan dalam harga Bitcoin berkaitan dengan pelarangan BTC di satu negara atau popularitasnya di negara lain. InSight Crime (dalam bahasa Inggris). Jonas Luethy, broker aset digital yang berbasis di Inggris. Sebelum naik, pergerakan aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum sempat anjlok pada sesi perdagangan akhir September lalu, tepatnya pada Senin (20/9/2021) malam. Dalam perdagangan margin isolated, Anda mendapatkan leverage 10x, yang didasarkan pada sistem tingkat tergantung pada tingkat pengguna Anda. Volatilitas Bitcoin memungkinkan Anda memperoleh keuntungan yang signifikan dalam waktu yang singkat. Kami sedang mengerjakan skema hukum dimana semua dana yang terkumpul akan ditempatkan ke dalam dana tersebut dan selanjutnya dana ini akan membentuk anak perusahaan yang akan menerbitkan pinjaman investasi. Ketika terjadi masalah pada platform yang Anda gunakan, BAPPEBTI bisa jadi tidak bisa mengembalikan dana Anda sepenuhnya, sebagaimana LPS dalam pasar deposito. Selain itu, kenaikan harga Bitcoin ini juga didorong oleh sentimen positif pasca perusahaan induk bank US Bank, yakni Bursa Bitcoin US Bancorp, mengumumkan peluncuran layanan penyimpanan cryptocurrency untuk mereka yang memiliki dana pribadi di Amerika Serikat dan Kepulauan Cayman. Selain Bitcoin, pada Rabu pagi ini, harga mata uang kripto lainnya juga ikut mengalami kenaikan. Kenaikan harga Bitcoin ini agaknya terjadi seiring dengan meningkatnya minat investor terhadap mata uang kripto (cryptocurrency) dengan nilai pasar terbesar ini. Laporan dari CryptoQuant menyebutkan, Onchain metrics mengindikasikan harga saat ini di zona akumulasi yang merupakan level bottom di pasar kripto.

No comments:

Post a Comment